Info Penting Buat Para Bunda..! Pentingnya Fungsi ASI Untuk Bayi Kita.

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Hingga usia enam bulan pertama kehidupannya, bayi cukup diberikan ASI saja. Sebab, di dalam ASI selain mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi, juga terdapat zat imun yang penting bagi daya tahan tubuhnya. 


Info Penting Buat Para Bunda..! Pentingnya Fungsi ASI Untuk Bayi Kita.


"Saluran cerna bayi baru lahir belum matang, sehingga fungsinya belum sempurna. ASI akan mengandung zat-zat yang akan mempercepat maturitas saluran cerna," ujar dr. Julistio Djais, SpA(K), MKes.

Selain itu, ASI mengandung antibodi ibu yang akan meningkatkan sistem kekebalan bayi. Karena mengandung zat laksatif, maka pengeluaran mekonium bisa lebih mudah. "Jadi anak tidak mudah terkena bakteri dan usus bayi akan bergerak cepat jadi ASI mudah dikeluarkan kembali," tambah dr. Julius.

Jika anak tidak diberi ASI akan berisiko mudahnya terkena gangguan pencernaan seperti diare, kolik, sakit perut, kembung, konstipasi, serta gumoh. Padahal sangat penting untuk memelihara kesehatan saluran cerna bayi karena pencernaan sehat akan mudah menyerap gizi baik dan daya tubuh lebih baik. "Anak jadi tidak mudah sakit serta memiliki kekebalan tubuh sangat baik," ujar dr. Julistio. 

ASI pun cukup unik karena setiap ibu akan menghasilkan ASI yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan bayinya. ASI hari ini belum tentu sama dengan ASI esok hari. ASI untuk bayi prematur tidak akan sama dengan bayi lahir cukup bulan. Itu mengapa ASI tidak bisa digantikan oleh susu formula. 



Berikut ini adalah manfaat dari memberikan ASI eksklusif kepada bayi yang baru lahir:


1. ASI Kaya Akan Nutrisi


ASI memiliki kandungan nutrisi yang seimbang bagi bayi yang baru lahir. ASI mengandung nutrisi penting untuk perkembangan IQ, sehingga bayi menjadi lebih cerdas dan sehat. Selain itu ASI adalah makanan yang tepat untuk bayi yang baru lahir.

2. ASI Membentuk Antibodi dan Enzim


ASI memiliki kandungan yang membentuk antibodi penting bagi bayi. Antibodi ini akan membantu bayi yang baru lahir untuk terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya. Selain itu ASI juga memproduksi enzim penting yang dibutuhkan oleh tubuh.


3. Meningkatkan Kedekatan Emosional Ibu dan Anak


Memberikan ASI eksklusif akan meningkatkan kedekatan emosional Ibu kepada anak. Bayi yang baru lahir dan mendapatkan ASI eksklusif akan lebih dekat dengan Ibunya. Bayi yang mendapatkan asupan ASI akan lebih dekat dan merasa lebih terlindungi oleh ibunya. Menyusui bayi dengan metode skin to skin contact dapat meningkatkan ikatan emosional Ibu dan anak.

4. Mencegah Konstipasi


ASI adalah makanan utama bagi bayi sehingga sangat mudah dicerna. Mengonsumsi ASI pada bayi dapat mengurangi risiko kekurangan cairan. Selain itu ASi juga mencegah kotoran bayi menjadi keras.

5. Mengurangi Risiko Penyakit


ASI memiliki kandungan nutrisi dan antibodi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi. Daya tahan tubuh yang baik akan membuat bayi terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya seperti penyakit infeksi yang berbahaya lainnya.

Agar ASI tidak terhambat sebaiknya Moms tidak boleh kelelahan, stress, hindari kafein, rokok, alkohol, serta hati-hati jika mengonsumsi obat-obatan dan KB. Semoga info ini bermanfaat.



Sumber dari : vemale.com

Komentar

Entri Populer

Ternyata Memutihkan Dan Mencerahkan Kulit Itu Gampang Lho, Cukup Dengan Resep Rumahan Berikut Ini...

Kuras Habis Lemak Di Perut Kamu Dengan Ramuan Alami Berikut Ini Hanya Dalam Waktu Singkat Bisa Lihat Perbedaannya...

Hanya Dengan Bahan Ini Dalam Satu Menit Gigi Langsung Putih Dalam Sekejap !! Begini Caranya...